Kursus Mahir Dasar (KMD) Wajib Bagi Pembina Pramuka

Ciputat, Kominfo Pramuka UIN Jakarta – Dewan Racana Fatahillah-Nyi Mas Gandasari yang sering disebut Pramuka UIN Jakarta menyelenggarakan Program Kerja yang sangat penting untuk kelanjutan kegiatan Pramuka ditingkat Gugus Depan, yakni Kursus Mahir Dasar (KMD). Kursus Mahir Dasar (KMD) ini bertujuan untuk membentuk jiwa-jiwa pembina yang siap terjun ke Gugus Depan. Kegiatan ini bekerjasama dengan Kwartir Cabang (KWARCAB) Jakarta Selatan.

IMG_8317“Kegiatan KMD 2016 In Door di Uni Club, UIN Jakarta”

KMD terdiri dari dua sesi. Sesi Pertama, diselenggarakan di dalam ruangan (Kampus UIN Jakarta) pada tanggal 26-28 Agustus 2016. Sesi ini peserta menerima materi-materi dengan menggunakan metode Discussion Group sesama peserta serta fasilitator pelatih dari  kwarcab Jakarta Selatan. Adapun materinya adalah Silabus, Sistem Penilaian, Program Latihan, UU Gerakan Pramuka, Prinsip Dasar Kepramukaan, Metode Kepramukaan, AD dan ART Gerakan Pramuka, Peraturan Menteri (PERMEN) 63, Keputusan Presiden (KEPRES) 238/1961, Kiasan Dasar, Cara membina menurut sifat dan kejiwaan peserta didik, Seragam Pramuka dan Tanda Pengenal, Memahami peserta didik, Sistem Among, Peran Tugas dan Tanggung Jawab Pembina, Cara menguji Syarat Kecakapan Umum (SKU), Syarat Kecakapan Khusus (SKK), Syarat Pramuka Garuda, Upacara Buka Tutup, Tata cara pelantikan, Dewan Satuan, Administrasi Gugus Depan, Struktur Organisasi, Tanda Ikut Serta Kegiatan (TISKA), Tanda Penghargaan Orang Dewasa (TPOD), Majlis Pembimbing Gugus Depan.

IMG_0508“Kegiatan KMD 2016 Out Door di Situ Gintung, Ciputat”

Sesi Kedua, KMD diselenggarakan di Out Door atau diluar ruangan. Sesi ini di adakan dengan kegiatan berkemah, adapun tempat berkemah diselenggarakan di Situ Gintung selama tiga hari dua malam, di mulai tanggal 2-4 September 2016. Materi di kegiatan out door ini  adalah Penyusunan Program Berkemah, Kegiatan bagi peserta didik, Cara mendirikan tenda, kehidupan perkemahan, Mengelola Satuan Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega, Kegiatan menarik, Permainan sebagai alat pendidikan, Metode Kepramukaan, Program peserta didik, Rencana latihan, Project Works, Sejarah Pramuka, World Organization of Scout Movement (WOSM), Lambang Gerakan Pramuka, Api unggun sebagai alat pendidikan, Penjelajahan, Wide Games.

KMD ini sangat penting bagi calon pembina yang akan terjun langsung di Gugus Depan, selain calon pembina diberi materi-materi yang begitu banyak dan saling berhubungan, kegiatan ini juga menunjukkan pemahaman tentang Pramuka. Karena sebelum peserta mendapatkan materi, terlebih dahulu diadakan Pre Test, dengan tujuan mengetahui sejauh mana pemahaman peserta KMD dan setelah semua materi disampaikan dan dipraktekkan diadakan Post Tes. Maka dengan itu KMD ini wajib bagi pembina, dengan keikutsertaan di KMD akan menambah bekal pembina untuk membina di Gugus Depan, Pembina memiliki legalitas yang resmi sebagai seorang pembina dan pembina bisa melanjutkan tahap ke jenjang pelatih atau Kursus Mahir Lanjut (KML) yang bertujuan mencetak pelatih-pelatih yang berkualitas. Jayalah Pramuka, Jayalah Indonesia. Salam Pramuka. (FM) (EMH)

Tinggalkan komentar