Profil

1012588_1859233294302955_826744095992003216_n.jpg

Racana adalah bagian terkecil yang tidak akan tampak jelas strukturnya dalam struktur organisasi Gerakan Pramuka. Dalam ‘bahasa’ Gerakan Pramuka, Gugus Depan merupakan satuan terkecil dalam Gerakan Pramuka yang menghimpun peserta didik, sedangkan racana sebagai wadah pembinaan hanya menjadi bagian yang tidak begitu jelas dalam tata peraturan, struktur, dan pedoman lainnya.

PROFIL RACANA

Racana Fatahillah-Nyi Mas Gandasari Gugus Depan Jakarta Selatan 07.081-07.082, yang berpangkalan di kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Gerakan Pramuka. Racana adalah bagian terkecil yang tidak akan tampak jelas strukturnya dalam struktur organisasi Gerakan Pramuka. Dalam ‘bahasa’ Gerakan Pramuka, Gugus Depan merupakan satuan terkecil dalam Gerakan Pramuka yang menghimpun peserta didik, sedangkan racana sebagai wadah pembinaan hanya menjadi bagian yang tidak begitu jelas dalam tata peraturan, struktur, dan pedoman lainnya. Ironisnya adalah apabila Racana dengan posisi tersebut menjadi ‘tulang punggung’ untuk hidupnya suatu Gugus Depan, salah satu diantaranya adalah Racana Fatahillah – Nyi Mas Gandasari.

Oleh karena itu, Racana Fatahillah-Nyi Mas Gandasari melakukan rekonstruksi dari tahun ke tahun untuk menjawab eksistensi Racana dalam struktur dan lingkungan Gerakan Pramuka. Suatu hal yang wajar dan lumrah apabila tafsir dari sekelumit pedoman yang ada terlihat berbeda dengan racana-racana yang lain. Hal ini merupakan dinamika interpretasi yang biasa dalam wacana intelektual dan demokrasi dalam kehidupan Racana dan Gerakan Pramuka pada umumnya.

SEJARAH RACANA

Sejarah Racana berawal dari keinginan dan kecintaan terhadap kepramukaan yang dituangkan dalam sebuah gagasan untuk membentuk sebuah perkumpulan atau unit sebagai wadah, yaitu sebuah gugus depan yang berpangkalan di UIN Jakarta. Maka dilaksanakanlah usaha-usaha perintisan (1984) oleh the founding fathers dengan menginventarisir mahasiswa yang ingin aktif dalam kepramukaan serta mempelajari ketentuan dan kondisi dalam Gerakan Pramuka dan kampus UIN yang pada saat itu masih berstatus IAIN (Institut Agama Islam Negeri).

Usaha tersebut dilanjutkan dengan mengajukan rumusan pendirian satuan pramuka kepada pihak rektorat. Kemudian, pada tahun 1985 mulailah dibuka pendaftaran anggota baru sebagai persiapan awal dan perkenalan adanya pramuka di lingkungan UIN Jakarta.

Akhirnya dengan usaha dan perjuangan yang tak kenal putus asa, generasi ini mampu mengantarkan pada pembentukan Gugus Depan Persiapan pada tanggal 1 Desember 1988—sebagai cikal bakal terbentuknya Racana—menjadi sebuah unit kegiatan kepramukaan yang diakui secara resmi oleh UIN Jakarta.

Untuk mendapatkan legalitas formal sebagai bagian dari Gerakan Pramuka, dengan kerja keras dalam memecahkan masalah administratif dan geografis, Kwartir Cabang Jakarta Selatan menerima Gugus Depan Persiapan ini menjadi Gugusdepan Jakarta Selatan 7893-7894 pada 30 Oktober 1989. Oleh karena itu, Racana harus memulai melaksanakan pembinaan secara kontiniu, terarah dan beridentitas.

Pada tahun 1993, nomor Gugus Depan berubah menjadi 7081-7082 sebagai tonggak dalam pengembangan dalam membina diri, satuan dan masyarakat berbekal segudang pengalaman di masa-masa yang telah lewat. Rangkaian sejarah singkat tersebut digunakan sebagai kiasan dasar (basic imagination dalam pola dan mekanisme pembinaan warga Racana Fatahillah-Nyi Mas Gandasari. Dan pada tahun 2003, sesuai dengan keputusan Muspanitran dan Ketetapan penertiban administrasi yang dilakukan Kwartir Cabang Jakarta Selatan nomor Gugus Depan berubah kembali menjadi 07-081/07-082.

Demikian secara umum profil singkat dari Racana Fatahillah – Nyi Mas Gandasari yang berpangkalan di kampus UIN Jakarta.

Sekretariat Racana:

  • Sanggar Bakti Racana:
  • Gedung Student Center (SC) UIN Jakarta, Lt. 3
  • Jl. Ir H Djuanda No. 95 Ciputat 15412
  • Telp: 021-44516944
  • email: pramukauinjkt@gmail.com

@@@

Berkarya nyata, bergembira ria, menuju cita-cita nan mulia

Iklan

5 pemikiran pada “Profil

  1. Salam Pramuka,
    salam kenal kak…kami dari pramuka pandega Racana Damarwulan-Srikandi Universitas Jember-jawa timur-idonesia…
    jangan lupa main2 ya….kami tunggu loh….

    website:www.unejscout.co.cc
    email&facebook:unej_scout@yahoo.co.id

    >>> Andika(KDR 2009-2010)

    • salam balik kak andika… hmmm website pramuka Racana UNEJ udah kami masukkan dalam link di blog ini… sebelum kakak berkunjung hehehehe… maaf kemarin2 kami tengah berburu blog/site racana2 perti eh… nemu punya UNEJ ya dah kami masukan di blog ini… bisa dilihat di Blogroll.. hehehe… insya allah nanti disampaikan ke dewan yg lain hehehe…

  2. salam pramuka..
    salam knal dari saya kak,, saya dri pramuka saka bayang kara dairi sumatra utara
    sya maw kk datang ke daerah kami dalam mjalin persatuan dalam membagi ilmu,, karna di daerah kami kurang ya perhatian dalam grakan pramuka jd kami berharap sekali kk bsa dtang dalam mmbantu kmi dalam pengenalan lebih dalam lg ap tu pramuka

    …udursolin….
    udursolin@gmail.com

    • Salam Pramuka….
      salam kenal juga kak, semoga jadi jalinan silaturahmi.
      waaah….kalo harus kesana mungkin kami juga bingung kak,
      sebenarnya kami ingin sekali berbagi dengan kakak-kakak di daerah lain namun spertimya perlu biaya yang cukup besar untuk transport kesana…
      atau mungkin kita bisa share di facebook atau di jejaring sosial l;ain kak…

  3. salam pramuka…
    salam kenal kak..
    saya dari racana UMI WAHEEDA GUDEP 11-120 ( STAINI ) parung-bogor…

    saya mw minta tolong kak saya ada tugas study banding tentang kegiatan kepramukaan pandega, klo di perkenankan saya ingin mengajukan ke racana fatahillah saya minta CP nya ya kak…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s