RACANA UIN JAKARTA MENJELAJAHI BUMI SRIWIJAYA

Image

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam silaturahim kami sampaikan, semoga kakak-kakak beserta keluarga senantiasa dalam lindungan Allah Subhanahu Wata’ala dan sukses dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Amiin. Alhamdulillah, 23 Pengembara Racana UIN Jakarta angkatan 2013-b tiba di kampus tercinta. Setelah delapan hari mengembara di Bumi Sriwijaya Palembang, akhirnya peserta Pengembaraan 2014 yang terdiri dari 9 putra dan 14 putri Racana Fatahillah – Nyi Mas Gandasari tiba di kampus pada tanggal 28 Februari 2014.

“Kota Palembang menjadi sasaran Pengembaraan tahun ini, dengan tujuan ingin menambah ilmu kepramukaan, menjalin silaturahmi, mempelajari kebudayaan dan mengetahui perbandingan dan gambaran kegiatan Pramuka di Sumatera khususnya di Kota Palembang”, ucap Ka Luthfi selaku ketua Pengembaraan. Dalam kegiatan pengembaraan, peserta melakukan kegiatan Studi Komparatif di kampus yang ada di Kota Palembang, ada empat Racana yang dikunjungi dalam Pengembaraan kali ini, yaitu:

1. Racana Ki Hajar Dewantara – RA Kartini (Universitas PGRI Palembang)

2. Racana KH. Ahmad Dahlan – Nyi Siti Walidah (Universitas Muhammadiyah Palembang)

3. Racana Raden Fatah – Nyi Ageng Malaka (IAIN Raden Fatah Palembang)

4. Racana Sultan Mahmud Badaruddin II – Putri Rambut Selako (Universitas Sriwijaya Palembang).

Selain Studi Komparatif peserta juga melakukan Studi Sejarah di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II untuk belajar dan mengetahui sejarah serta budaya di Bumi Sriwijaya. Alangkah kaya bangsa Indonesia dengan bermacam-macam budaya dan adat masing-masing daerah, mari kita jaga sejarah dan kita lestarikan kebudayaan Indonesia. Kegiatan lainnya, peserta juga melakukan Studi Wisata di Sungai Musi yang terkenal dengan Jembatan Amperanya, disini kita belajar dan memahami kebesaran Allah yang menciptakan langit, bumi, laut dan sungai-sungai di bumi ini dan salah satunya Sungai Musi yang dikunjungi. Tak cukup sampai disitu, peserta juga mempelajari makanan khas Palembang yang sudah terkenal di penjuru Nusantara, mereka melakukan Studi Usaha di pabrik Pempek Cek Lin, disana mereka belajar tentang bagaimana pembuatan dan produksinya hingga pemasaranya. Semoga ilmu yang kita pelajari bisa bermanfaat dan di aplikasikan di Racana, juga untuk diri sendiri menjadi seorang pengusaha. Amiin. Tidak ketinggalan kegiatan Bakti Sosial yang dilaksanakan di Yayasan Panti Asuhan Muhammad Ali yang lokasinya tidak jauh dari Universitas Sriwijaya Palembang. Di sana kita berbagi ilmu kepada adik-adik panti untuk membuat kerajinan tangan dengan harapan mereka bisa mengaplikasikanya sebagai karya mereka agar menjadi anak yang mandiri. Kemudian peserta melanjutkan perjalanan pulang menuju Jakarta dengan melewati jalur darat dan laut, sampai tibalah mereka di Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan di sambut oleh Dewan, Pembina, Dewan Kehormatan Pandega serta Senioren.

Selesailah Perjalanan peserta Pengembaraan di Bumi Sriwijaya dan Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar atas izin dan pertolongan Allah. “Kami haturkan banyak terimakasih kepada seluruh instansi yang mendukung dan turut mensukseskan kegiatan Pengembaraan ini, semoga amal ibadah dan kebaikanya di terima Allah”, ucap Ka Luthfi. Dan semoga ilmu yang di dapat oleh kakak-kakak peserta Pengembaraan bisa bermanfaat dan diaplikasikan baik untuk dirinya dan untuk Racana tercinta. Terus semangat untuk Racana UIN Jakarta.
Sampai bertemu kembali di postingan selanjutnya,
Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Image

Foto bersama Pengurus Dewan Racana dan Purna Pandega serta Warga Racana sebelum pemberangkatan

 

Image

Kak Nurul Rof’ah menerima bingkisan perbekalan dari Pengurus Dewan Racana yang diwakilkan oleh Kak Herianto Pasaribu (Ketua Dewan Racana)

 

Image

Air suci yang dibasuhkan ke muka dan kaki sebagai simbol diterima kembali para pengembara dari Bumi Sriwijaya

 

Image

Kak Fitriana Rahmawati sebagai Pemangku Adat Putri membasuh kaki pengembara putri

diposting oleh : FK

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s