Selamat dan Sukses buat ‘Sarjana Racana’

Atas nama segenap keluarga besar Racana Fatahillah – Nyi Mas Gandasari, Gugus Depan 07.081-07.082 Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta mengucapkan selamat dan sukses atas diwisudanya kakak-kakak kami tercinta. Semoga menjadi Sarjana yang Saujana. Dan tentunya tugas dan tanggungjawab sekarang kakak-kakak adalah mengamalkan ilmu yang telah didapat kepada umat, bangsa dan negara.

Itulah serangkaian kata-kata yang disampaikan Ketua Dewan Racana Pandega UIN Jakarta, Kak Adam saat memberikan sambutan pada upacara adat wisuda bagi warga Racana yang baru saja mengikuti prosesi wisuda di Auditoriuam UIN Jakarta pada Sabtu (3/4) lalu.

Ritual upacara adat wisuda sendiri berlangsung di hari yang sama pada pukul 14.30 di ruang kelas 4.18, gedung FITK lantai 4.  Selain diikuti sekira 20 orang warga Racana, hadir pula dalam upacara adat wisuda itu para orangtua mahasiswa. Dalam kesempatan itu, orangtua dari Kak Istiqomah mewakili para orangtua wisudawan untuk menyampaikan kata sambutannya.

“Kami haturkan terima kasih atas perhatian dan bimbingannya selama ini kepada anak kami yang tentunya lewat kegiatan Pramuka di kampus ini, kedatangan mereka tak sekedar menuntut ilmu tapi mereka juga kuliah tentang kehidupan. Kami bangga dan terharu, ternyata di Racana ada sesuatu yang khusus yang diberikan kepada anggotanya. Ini tentunya merupakan penghargaan tersendiri yang menambah kebahagiaan kami selaku orangtua dalam mengantarkan anaknya ke jenjang Sarjana.” Demikian sambutan dari salah satu orangtua wisudawan yang disampaikan oleh Ayahanda dari Kak Isti.

Ya, sudah menjadi ‘kebiasaan’ dan sepertinya wajib diadakan ritual adat wisuda bagi anggota Racana yang telah menyelesaikan studinya di kampus UIN Jakarta. Upacara adat wisuda sendiri merupakan tanda berakhirnya seseorang anggota dalam menuntut ilmu untuk tingkat Strata Satu (S.1) dan disandangnya gelar Sarjana. Meski demikian, status tingkatan Pandega yang melekat pada mereka tentunya belum tentu langsung ditanggalkan, karena bisa jadi ketika mereka diwisuda usianya masih sebagai Pandega. Dan sesuai aturan yang berlaku di Racana UIN Jakarta, label ‘senior’ kini melekat pada status keanggotaan mereka di Racana.

Untuk periode April 2010, warga Racana UIN Jakarta yang berhasil menyelesaikan masa studinya dan baru saja diwisuda pada Sabtu (3/4) lalu adalah :

  • Kak Towil Akhirudin (Mantan Wakil KDR 2008-2009)
  • Kak Nur Istoqomah (Mantan Sekretaris Dewan 2009-2010)
  • Kak Syarif (Anggota Racana angkatan 2005)
  • Kak Zulfani Indra Kautsar (Bidang Diklat Dewan Racana 2010-2011)

Yang unik dan menarik dalam upacara adat wisuda ini, di akhir upacara para wisudawan dan peserta yang hadir ikut menikmati jamuan khas betawi, diantaranya kue tape ketan hitam dan uli yang disandingkan dengan kopi. Di bawah ini momen-momen saat upacara adat wisuda berlangsung yang berhasil diabadikan oleh tim kominfo DRFN.

Wisudawan didampingi Pemangku Adat Putra dan Putri saat mengikuti prosesi upacara Adat Wisuda pada Sabtu (3/4) lalu. (foto dok. kominfo DRFN)

Jamuan khas adat Racana UIN Jakarta bagi para wisudawan pada upacara adat wisuda. Tampak Kak Zulfani tengah menikmati segelas kopi hitam yang disanding dengan kue tape dan uli. hmmm... maknyuss kopinya... (foto dok. kominfo DRFN)

Salah satu kepercayaan yang diberikan Racana UIN Jakarta kepada seluruh anggota baik lama maupun baru adalah berkesempatan menjadi petugas, salah satunya saat Upacara Adat Wisuda 2010. (foto dok. kominfo DRFN)

@@@

Ditulis dan diposting oleh Kak Hayat F (purna Pandega/1995)

Iklan

2 pemikiran pada “Selamat dan Sukses buat ‘Sarjana Racana’

  1. SELAMAT dan Semoga Sukses yaaa buat kak towil, kak syarif, kak zulfani dan yang paling cantik sendiri kak isti… sekarang dah jadi Sarjana…… hmmm sarjana racana atao sarjana pramuka neh sebutannya?? hehehehe… selamat juga kepada Racana UIN Jakarta yg akhirnya berhasil mengantarkan anggotanya menuju gerbang kesuksesan sebagai mahasiswa yang kini bergelar sarjana… amiin… ditunggu syukurannya yaaah… jangan lupa…La insyakartum la aziidannakum….. terusin deh tuuh…

  2. syukuran yaah???…. wah perlu ditindaklanjuti tuh… segera dikonfirmasikan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s